Day R Survival: Mekanismenya Simpel, Tapi Sangat Mengasyikkan!

ENSIPEDIA GAMES, Karawang – Cerita diawali dengan kamu yang terbangun di sebuah kota mati. Kamu tak punya petunjuk apapun kenapa tempat itu jadi seperti itu. Kamu menyusuri jalan mengumpulkan barang-barang yang diperlukan, sambil mencari petunjuk tentang apa yang terjadi pada tempat itu.

Day R Survival adalah game RPG survival offline dari tltGames. Salah satu developer yang giat dalam menyempurnakan game kembangannya. Yang mulanya hanyalah game biasa dengan visual dan mekanisme yang sederhana hingga jadi game Day R Survival yang sekarang ini.

Terdapat beberapa perubahan dalam game. Mulai dari visual yang semakin baik, cerita yang semakin bagus dan gaya bertarung yang semakin menantang. Dulu seingat saya mode bertarungnya sederhana saja seperti turn-based yang simpel. Namun sekarang jadi lebih kompleks karena kita bisa bergerak mengikuti grid yang ada.

Untuk mekanismenya simpel saja. Kamu hanya perlu tap tempat yang dituju lalu tap ikon lari untuk bergerak. Dan untuk mencari item kamu bisa tap ikon kaca pembesar yang ada di bawah kiri layar. Dengan mekanisme seperti ini cocok buat kamu yang suka bermain santai.

Screenshot Gameplay Day R Survival | Ensipedia Gametech

Walau begitu kamu dituntut untuk dapat mengatur stok makananmu agar tetap segar. Karena beberapa jenis makanan akan busuk dalam beberapa hari. Perbanyak makanan kering seperti gandum, pasta dan beras ataupun makanan kalengan.

Untuk air minum kamu tidak bisa begitu saja dapat air bersih yang siap minum. Kamu perlu memurnikan air yang kamu dapat dari kawah ataupun sungai menggunakan alat khusus. Baru kamu bisa mengkonsumsinya dengan aman tanpa ada efek negatif. Tetap jaga kondisimu agar selalu terhidrasi dan perut selalu terisi.

Perhatikan juga kesehatan dan energimu agar tetap bisa beraktivitas. Kamu bisa mengisinya dengan tidur. Kamu bisa memulihkan kesehatanmu dengan memakai obat tertentu. Untuk energi, kamu bisa mengisinya dengan mengkonsumsi beberapa jenis minuman seperti kopi, Vodka bahkan juga dengan cara merokok. Namun tentunya ada efek sampingnya seperti merokok yang akan mengurangi kesehatanmu.

Karena berlatar di sebuah daerah yang terpapar radiasi nuklir, kamu akan terkena paparannya jika berada di kota. Tingkat bahayanya bervariasi. Kamu bisa mengatasinya menggunakan masker khusus dan beberapa barang konsumsi.

Jika kamu mempunyai stok yang cukup maka seharusnya kamu tak perlu khawatir akan kelaparan ataupun kehausan. Tapi kamu tidak bisa membawa setiap makanan dan minuman yang kamu temukan karena ada batas total bobot barang yang bisa kamu bawa. Maka bijaklah dalam mengatur barang apa saja yang kamu perlukan.

Screenshot Gameplay Day R Survival | Ensipedia Gametech

Tapi tenang. Kamu akan bisa membawa barang lebih banyak jika menggunakan kendaraan. Seperti jika kamu menggunakan sepeda dengan gerobak. Selain kamu bisa membawa barang lebih banyak, kamu juga bisa berpindah tempat lebih efisien sehingga hemat waktu dan energi. Seiring berjalannya progress maka kamu akan bisa menggunakan kendaraan yang jauh lebih baik.

Untuk sistem bertarungnya kamu akan melawan musuh secara bergantian. Anggap saja kamu bermain catur dengan musuh. Kuasai Medan tempurmu agar memberimu kemenangan. Ada penjelasannya jika kamu bingung dengan tanda-tanda yang ada di dalam pertarungan. Setiap tanda memberimu keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Seperti tanda bukit atau menara pengawas yang jika kamu tempati akan memberimu keuntungan yakni kamu bisa membidik lawan yang bersembunyi di balik objek pelindung.

Ada juga sistem perk yang akan kamu dapatkan saat naik level. Ada berbagai macam perk. Dengan keuntungannya masing-masing tentunya. Maka pilihlah perk yang benar-benar kamu butuhkan.

Screenshot Gameplay Day R Survival | Ensipedia Gametech

Kamu bisa membeli paket premium untuk mendapat beberapa keuntungan. Seperti hewan peliharaan berupa gagak yang akan membantumu dalam pertarungan dan mencari barang.

Yang kamu perlu lakukan di game ini hanyalah bertahan hidup. Terus berjalan berpindah tempat dari kota ke kota untuk mencapai tujuanmu.

Awalnya saya main game ini hanya untuk bernostalgia saja. Tapi ternyata gamenya sangat mengasyikkan untuk saya. Musiknya benar-benar membawa kita ke suasana dalam game. Suara kunyahan ketika makan juga membuat gamenya lebih hidup. Game yang simple but perfect bagi saya.

Sistem bertarungnya juga cukup asyik. Yang awalnya saya tidak mengira akan jadi seperti yang sekarang karena dulu saat saya main game ini tidak seperti itu sistem bertarungnya. Terlihat banyak perubahan pada game ini. Yang menjadi tanda bahwa developer sangat memperhatikan game kembangannya ini.

Tips dari saya, perbanyak stok makanan kering dan kalengan. Agar tidak akan busuk sampai kapanpun. Selalu siapkan senjata yang kuat untuk melawan musuh yang semakin lama semakin sulit. Dan selalu perhatikan kondisi kendaraanmu agar tidak rusak di perjalanan yang akan membuatmu repot karena kamu seketika akan overload sehingga kamu tidak bisa bergerak lagi.

 

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles