Ensipediagames, Bandung – Jadi gini, MMR di Deadlock itu masih agak berantakan sekarang. Tapi, ini sebenarnya gak terlalu mengejutkan sih, soalnya game ini baru aja rilis dalam closed beta selama lebih dari seminggu. Yang menggembirakan, sepertinya developer-developernya punya rencana yang oke untuk meningkatkan sistem matchmakingnya.
Dari obrolan di server Discord resmi (yang bisa kamu akses lewat link di dalam game), beberapa developer cukup responsif menjawab pertanyaan para pemain. Salah satu pertanyaan yang muncul di akhir pekan adalah tentang adanya sistem MMR matchmaking di Deadlock, baik itu untuk tim secara keseluruhan atau bahkan spesifik ke jalur tertentu.
Salah satu developer Valve yang dipanggil “Yoshi” di server Discord bilang, “MMR berbasis hero saat ini emang belum berjalan dengan baik.” Tapi dia menambahkan, “Ini akan lebih efektif setelah kami selesai menulis ulang sistem MM [matchmaking] yang sedang kami kerjakan.”
Sebetulnya banyak yang tidak mengalami masalah besar dengan MMR Deadlock sejauh ini, tapi emang ada beberapa kali di mana matchmakingnya terasa kacau. Biasanya, kalo pemain main sendirian, pertarungannya terasa cukup seimbang. Tapi begitu main bareng teman, MMR-nya kayak hilang entah kemana, dan kita bisa langsung menghancurkan tim lawan atau malah kalah telak.
Ternyata, ini pengalaman yang umum dirasakan oleh kebanyakan pemain Deadlock saat ini. Ada pemain yang bilang, “Gua entah menghancurkan jalur gua atau ada orang gila yang nolak semua creep gua, dapetin semua last hit, ambil tower gua, dan bunuh gua lima kali sebelum dua menit, wkwk.”
Juga, pertandingan yang seharusnya seimbang kadang bisa terasa berat hanya karena satu atau dua pemain dari salah satu sisi yang mungkin gak bisa mengikuti aksi atau kecepatan pertarungan. Bahkan pernah ada pemain yang bilang, “Tolong, bisa kita semua tenang sejenak?” karena kita punya tiga pertarungan tim berturut-turut di gerbang basis musuh.
Hal ini juga wajar terjadi, mengingat Deadlock masih baru. Kalo ada satu orang di tim yang bertingkah seperti belum pernah main game ini sebelumnya, besar kemungkinan memang belum. Pasokan pemain baru juga membuat matchmaking jadi sulit, karena banyak pemain yang MMR-nya belum dikalibrasi dengan benar.
Tapi, sepertinya sistem matchmaking saat ini sebagai pengganti sementara. Ini melakukan pekerjaan sebaik mungkin sampai Valve bisa ngupdate dan mengimplementasikan sesuatu yang lebih konkret untuk membantu pemain menemukan jenis game yang sesuai dengan level skill mereka.