Pemerintah Berencana Tutup Layanan Seluler 3G, Sudah Siapkah Warga Indonesia?

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana untuk mematikan jaringan 3G dalam waktu 1 tahun yang akan datang.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan rencananya bahwa layanan 3G pada seluruh operator di Indonesia akan dimatikan secara bertahap di tahun 2022 ini. Harapannya agar kualitas telekomunikasi di Indonesia semakin baik dengan menggunakan jaringan 4G dan 5G yang jauh lebih cepat dibandingkan 3G.

“Faktanya 3G akan menjadi sangat lambat dengan hadirnya 4G, apalagi nanti dengan dimulainya deployment 5G, maka 3G akan sangat lambat,” kata Menkominfo di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta

Perihal bagaimana daerah yang masih belum ter-cover jaringan 4G, Menkominfo menjamin bahwa untuk daerah yang di luar wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), jaringan 3G akan tetap dipertahankan sembari menunggu jaringan 4G dipasang di tempat terpencil.

“Teknologi 3G masih dipertahankan karena masih banyak yang membutuhkan, namun untuk (kualitas) video dan gambar ya 3G tentu jauh lebih lambat dibandingkan dengan 4G,” ujar Menkominfo.

Rencana peralihan jaringan dari 3G ke 4G dan 5G ini didukung penuh oleh para perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim mengunkapkan bahwa pihak Telkomsel mendukung keputusan dari Pemerintah dan kini tengah mempersiapkan rencana peralihan jaringan dari 3G ke 4G dan 5G.

“Telkomsel akan mengikuti kebijakan/arahan yang nantinya akan dikeluarkan oleh pemerintah, dengan tetap menjaga dan memastikan terpenuhinya kualitas layanan kepada pelanggan secara optimal,” ujar Aldin.

Hal senada juga dijelaskan SVP Corporace Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang. Menurutnya Indosat Ooredoo akan mempercepat pembangunan infrastruktur 4G di wilayah-wilayah yang belum ter-cover.

“Kami akan melanjutkan ‘Turnaround Strategy’ dengan menghadirkan layanan 4G dengan jaringan berkualitas video, termasuk di daerah non-3T, untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia,” kata Steve.

Latest articles

Related articles